Wednesday 7 December 2016

Arti Stiker Angka Pada Buah Impor

Arti Stiker Angka Pada Buah Impor.- Jika membeli buah impor di toko swalayan, bukan hal aneh mendapati buah-buahan tersebut ditempeli stiker logo atau deret angka tertentu. Kira-kira apa arti kode angka tersebut ya?

Sejatinya stiker deret angka itu adalah kode PLU (Price Look Up) digital yang juga berisi informasi penting mengenai buah impor tersebut. Kode itu merupakan cara produsen buah mengemas informasi konsumen.

Berikut arti kode PLU buah-buahan yang perlu Anda pahami, dilansir dari laman Bright Side, Rabu (7/12/2016):

  • Stiker kode empat digit yang diawali angka 3 atau 4
Bila hanya empat angka yang tertera di stiker, artinya buah (atau terkadang sayuran) itu diproduksi dengan bantuan teknik agronomis, termasuk dengan banyak penyubur tanaman dan pestisida.
  • Stiker kode lima digit yang diawali angka 8
Ini artinya buah tersebut telah mengalami modifikasi genetika dalam proses pertumbuhannya. Ya, buah itu termasuk dalam pangan GMO yang menuai pro dan kontra belakangan ini.
Penelitian menunjukkan, melon, pisang, dan pepaya adalah jenis buah yang paling sering dimodifikasi.
  • Stiker kode lima digit yang diawali angka 9
Jika Anda melihat kode ini pada buah yang akan dibeli, ini tandanya buah tersebut diproduksi menggunakan metode pertanian alami, tanpa zat kimia. Ini merupakan produk organik.

Bagaimana jika buah yang akan Anda beli tak memiliki kode PLU?

Sebaiknya jangan dulu gembira. Kebanyakan dari kita memang cenderung memilih buah yang tidak dibubuhi stiker lantaran menganggapnya sebagai buah alami. Tapi hal ini bisa berbahaya bila buah yang Anda beli merupakan buah impor.
Pasalnya, buah impor harus selalu diberi label stiker. Bila tak ada stiker kode pada buah tersebut kemungkinannya stiker telah dilepas demi alasan tertentu.


Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Terimakasih atas kunjungannya :)

1 comment: