Tuesday 1 November 2016

Waspadai Bahaya Penyakit Paru Paru Basah

Waspadai bahaya penyakit paru paru basah.- Jangan Anggap Sepele Penyakit Paru Paru Basah, karena bisa berbahaya.

Anda tentu sudah sering mendengar penyakit paru paru basah atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan pneumonia, Penyakit paru paru basah ini bisa berbahaya apabila tidak segera ditangani, karena bisa menyebabkan kematian. Lalu apa saja penyebab dan juga gejala dari paru paru basah ini, serta apa bahayanya ?

Penyebab Penyakit Paru Paru Basah

Secara umum penyebab penyakit paru paru basah ini disebabkan oleh bakteri virus dan juga jamur, akan tetapi selain itu ada juga faktor lain yang dapat menjadi penyebab terjadinya paru paru basah, seperti diantaranya adalah :

  • Daya Tahan Tubuh yang Buruk
    Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh tidak baik akan mudah terkena paru-paru basah. Paru-paru basah akan menginfeksi seseorang ketika mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan virus masuk ke dalam paru-paru. Mikroorganisme tersebut tentunya masuk ke organ manusia karena tidak ada sistem imun yang baik untuk menangkal berbagai mikroorganisme tersebut. Salah satu jenis mikroorganisme yang menyebabkan paru-paru basah ialah Streptococcus pneumoniae. Mikroorganisme tersebut biasanya bersarang permanen pada tenggorokan. Pada seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, hal tersebut tidak menjadi permasalahan. Namun bagi seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, mikroorganisme tersebut akan turun ke paru-paru dan menginfeksi.
  • Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol
    Merokok dan konsumsi alkohol merupakan kebiasaan yang dapat menurunkan kesehatan tubuh, temasuk menjadi salah satu penyebab munculnya paru-paru basah. Umumnya, perokok dan pecantu alkohol memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk sehingga mikroorganisme penyebab paru-paru basah juga mudah masuk ke dalam organ tubuh.
  • Memiliki Penyakit Tertentu
    Penyakit yang dimaksud ialah penyakit HIV. Seseorang yang mengidap HIV juga rentan terkena penyakit paru-paru basah. Alasannya, HIV adalah salah satu penyakit yang mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Makin menurun sistem kekebalan tubuh, maka makin rentan tubuh terkena berbagai penyakit, termasuk paru-paru basah. Penyakit paru-paru basah pada penderita HIV disebabkan oleh mikroorganisme jamur yang bernama Pneumocystis carinii. Jenis jamur tersebut tidak berbahaya bagi seseorang yang tidak terkena HIV. Namun pada penderita HIV, jenis jamur tersebut dapat menyebabkan perkembangan paru-paru basah menjadi lebih agresif dan berkembang cepat.
  • Lingkungan yang Kotor
    Lingkungan kotor akan menyebabkan mikroorganisme berkembang lebih pesat dan bisa saja menyebabkan infeksi pada seseorang yang tinggal di lingkungan kotor tersebut. Menjaga lingkungan tetap bersih dapat dilakukan untuk menghindari paparan berbagai mikroorganisme.
  • Terkena Zat Kimia
    Zat kimia yang bisa menimbulkan paru-paru basah adalah ketidaksengajaan saat menghirup makanan atau zat yang berasal dari muntahan. Semisal yang bisa terjadi adalah menghirup atau menelan kembali muntahan yang berasal dari lambung. Makanan muntahan telah mengalami proses pencernaan di lambung sehingga menyebabkannya menjadi asam. Cairan muntahan yang masuk ke paru-paru akan menyebabkan paru-paru terisi cairan dan membuatnya terkena infeksi.
  • Virus RSV
    Virus RSV merupakan jenis mikroorganisme yang menyebabkan paru-paru basah pada anak-anak dan bayi. Virus tersebut biasanya menjadi penyeybab lebih dari separuh kasus paru-paru basah. Biasanya kondisi yang disebabkan oleh virus tersebut tidak mengancam kehidupan. Namun , pada kondisi tertentu, terutama jika tidak segera mendapatkan penanganan medis, tentu akan menyebabkan kondisi serius.
  • Penularan
    Kasus ini memang jarang terjadi. Namun paru-paru basah dapat ditularkan seperti halnya penyakit influenza pada umumnya. Virus yang menyebabkan paru-paru basah dapat menyebabkan penyakit pilek seperti halnya kasus influenza biasa. Namun, jika virus tersebut mencapai tenggorokan, saluran pernapasan atas, dan sinus, hingga  mencapai paru-paru tentu paru-paru basah tidak dapat terhindarkan.

Bahaya Penyakit Paru Paru Basah

Ciri – ciri yang nampak pada penderita paru – paru basah adalah batuk-batuk yang menahun, sulit bernafas, sakit kepala, radang tenggorokan, pita suara berlendir, rasa sakit atau nyeri di bagian dada, nafsu makan berkurang, sesak nafas, batuk berdarah, demam tinggi, dan gangguan pernafasan. Hal ini dikarenakan alveolus, kantong-kantong udara yang terletak pada ujung paru-paru dan merupakan tempat terjadinya pertukaran gas oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2), terisi penuh oleh nanah dan cairan sehingga penyerapan oksigen dalam tubuh penderita tidak bisa terproses secara maksimal. Hal ini bisa dirasakan pada saat si penderita mengambil nafas panjang atau dalam.
Sampai saat ini sebagian besar kasus pneumonia dapat diatasi sampai sembuh. Hanya sekitar 5% dari kasus pneumonia dapat menyebabkan penderita meninggal. Bahkan di negara-negara maju Amerika Serikat, penyakit ini menduduki peringkat sebagai penyebab utama keenam kematian. Secara umum, virus atau penyebab pneumonia lain dapat masuk ke dalam tubuh jika terhirup secara tidak sengaja oleh pasien. Sebuah infeksi virus yang menyebabkan radang paru-paru biasanya terjadi selama musim dingin atau musim hujan. Selain infeksi juga dapat terjadi saat batuk atau bersin.
Orang-orang yang berisiko bisa terkena paru-paru basah diantaranya adalah bayi dan juga anak-anak, lansia 65 tahun ke atas, orang yang sistem imunitas tubuhnya lemah, perokok aktif, atau orang-orang yang sering bekerja di bidang pertanian atau konstruksi.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi para pembaca.

1 comment: