Saturday 5 November 2016

Waspada ! Paru Paru Basah Bisa Menular

Waspada ! Paru Paru Basah Bisa Menular.- Mungkin banyak sekali yang bertanya apakah penyakit paru paru basah bisa menular atau tidak ? Nah untuk itu kami disini akan memberikan jawabannya.

Paru paru basah atau pneumonia merupakan penyakit yang telah bertanggung jawab atas serangkaian kasus kematian akibat penyakit paru di seluruh dunia ,penyakit ini amat mematikan bagi pasien anak kecil dan bisa berujung komplikasi pada orang dewasa jika tidak di obati dengan segera.

Apa Saja Penyebab Paru Paru Basah ?

Penyakit paru-paru basah merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ paru-paru. Penyebab paling umum adalah adanya kontaminasi virus, bakteri, dan jamur. Namun penyakit ini juga bisa terjangkit penyakit ini karena terlalu sering menghirup udara yang tercampur dengan bahan-bahan kimia. Biasanya usia rentan terjangkit penyakit ini adalah usia di bawah 2 tahun dan usia di atas 65 tahun.
Penyakit ini muncul ketika saluran pernafasan terlalu sering terinfeksi. Proses peradangan akan mengakibatkan jaringan paru-paru yang berbentuk aveoli atau kantung udara dipenuhi oleh cairan yang berbentuk nanah sehingga mengganggu peranan paru-paru sebagai tempat pertukaran oksigen. Dan hal ini akan menyebabkan adanya gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh.

Apakah Paru Paru Basah Bisa Menular ? Dan Bagaimana Penularannya ?

Penyakit paru paru basah adalah penyakit infeksi bakteri dan infeksi ini bisa menular pada siapa saja ,proses penularan penyakit paru paru basah ini bisa melalui dua cara yaitu langsung dan tidak langsung .
Langsung di sini di artikan dengan penularan yang terjadi melalui udara yang telah tepapar bakteri Streptococcus penumoniae yang kemudian terhirup dan menginfeksi tubuh ,serta penularan secara tidak langsung di lakukan bukan melalui udara melainkan lewat barang barang atau alat yang di gunakan oleh penderita.

Cara Penularan Paru Paru Basah

Meskipun penyakit paru paru basah ini berbeda dengan TBC namun soal cara penularan nya hampir mirip atau bisa di katakan sama ,berikut cara penularan nya :

  • Benda Pribadi
    Benda pribadi seperti sendok dan alat makan serta dll bisa menjadi media penularan penyakit paru paru basah , mengapa ? karena bakteri ini bisa bertahan dalam berbagai kondisi salah satu nya menempel di alat makan .
  • Udara
    Seseorang yang satu ruangan dengan penderita pneumonia atau paru paru basah bisa beresiko terkena penyakit paru paru basah , ketikan bakteri atau virus penyebab paru paru basah ini berterbangan di udara dan terhirup hingga menginfeksi tubuh orang yang tertular .
  • Melalui Batuk Dan Bersin
    Batuk pun bisa menjadi cara penularan paru paru basah , dengan batuk bakteri dan virus penyebab paru paru basah bisa meluncur keluar ke udara yang mana sudah tadi di jelaskan bakteri ini bisa menular melalui udara , dan tak hanya itu jika anda terkena bersin terutama di area muka akan sangat beresiko terkena paru paru basah , bakteri dan virus dari ludah penderita di saat bersin bisa masuk dalam tubuh dan menginfeksi .
Jika anda terkena penyakit ini maka harus segera mendapatkan penanganan karena penyakit paru paru basah bisa di sembuhkan , Untuk lama penyembuhan nya tergantung dari seberapa parah paru paru basah yang di alami biasanya di berikan pengobatan selama 6 bulan dan setiap anjuran nya harus di patuhi jika tidak paru paru basah akan lama sembuh nya .

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan tentang penularan paru paru basah, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya :)

1 comment: